Monday, December 17, 2007

Brambang Asem


Bahan :
1 ikat daun ubi jalar
3 siung bawang merah (brambang)
bahan saus sambal :
3 buah cabe rawit
1 batang asem jawa
1 gula jawa
Secukupnya terasi
Secukupnya garam

Cara membuat:
Untuk membuat saus sambal; bakar dalam api kecil terasi dan bawang merah. Kemudian haluskan cabe, bawang merah, terasi, asem dan garam, masukkan gula jawa kemudian dihaluskan lagi. Setelah halus dan tercampur rata, pindahkan ke dalam wadah

Cuci bersih daun ubi jalar, buang tangkainya kemudian rebus dengan air yang diberi sedikit garam. Setelah matang, angkat dan bilas dengan air dingin kemudian letakkan dalam wadah.

Hidangan siap disantap, dengan cara; ambil sedikit rebusan daun ubi beri saus sambal secukupnya.

.:SaFaRoNi:.

2 comments:

Unknown said...

Brambang asem ini adalah kegemaran keluarga di hari minggu, setelah pulang dari gereja. Daun ubi jalar kami dapat dari kebun sendiri atau sawah kami, dan kadang buah asemnya juga. Ini salah satu makan khas kami, orang desa yang gemar sayur dan tidak punya kemampuan untuk membeli daging. Kalau saya pulang ke desa, saya dengan senang hati selalu membuatnya lagi. Akhir2 ini, di kota saya tinggal, Jenewa, saya temukan daun ubi jalar di kedai viet nam. Kadang saya mengulang lagi kenikmatan brambang asem. Namun sekarang saya vegetarian, jadi saya tak pakai lagi terasi.

Andik Rasida said...

Wah perlu di coba nih, klo di tempat ane nggak pakai ubi, jadi ya hanya sambal brambang asem gitu.