Tuesday, March 11, 2008

Tips Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

Cara menghilangkan bau amis pada ikan (untuk dimasak goreng atau bakar):
1. Untuk ikan utuh, setelah dipotong kepalanya dan diambil kotorannya di bagian depan, belah dan lihatlah bagian depan (dekat dengan tempat kotoran ikan itu - di bagian kepala ikan bawah). Ada garis berwarna hitam, itulah sumber dari amisnya ikan. Gunakan tissue dapur kering, bersihkan hitam2 tersebut.
2. Gunakan air yang telah dicampur dengan garam (dengan kadar garam 30%), cuci bersih ikan sampai ke dalam2nya, terutama bagian yang ada hitam2nya tadi.
3. Keringkan ikan dengan tissue dapur sampai kering.
4. Cuci pisau dengan menggunakan air garam tadi sebelum digunakan untuk memotong ikan. Kemudian, potong2 ikan sesuai selera.
5. Taburi potongan ikan tersebut dengan garam di kedua sisinya. Diamkan selama kurang lebih 10menit. Minyak dari ikan tersebut akan keluar, keringkan dengan tissue dapur, ini juga merupakan sumber amisnya.
6. Bisa juga dengan mengolesi daging ikan air jeruk nipis. Setelah itu, bumbui dan masak sesuai selera Anda!

Cara menghilangkan bau amis pada ikan (untuk dimasak sup):
1. Didihkan air, masukkan tulang ikan mentah. Aduk2 sebentar selama 20 detik saja. Angkat tulang ikan.
2. Letakkan tulang ikan tersebut di dalam air dingin/es supaya bau amisnya hilang.
3. Bumbui kuah ikan tersebut sesuai selera. Kemudian, masukkan tulang ikan (dari dalam air dingin tadi) ke dalam panci berisi kuah ikan lagi.
4. Tambahkan 2 sendok makan (atau secukupnya) sake atau soju atau sejenis minuman beralkohol lainnya yang tidak berasa ke dalam kuah ikan.
5. Bisa juga tambahkan sepotong jahe. Kuah dijamin tidak akan amis lagi!

-Abbie-

No comments: