Thursday, March 6, 2008

Kroket


Bahan:
Kentang
Potongan Ayam
Tepung terigu (tepung roti)
Bawang bombay
Tepung tempura
Telur
Susu
Garam
Merica
Air

Cara Membuat:
1. Persiapan untuk kentang: rebus kentang sampai lembek. Tumbuk hingga halus.
2. Persiapan untuk membuat saus putih: kocok telur bersama dengan tepung terigu dan susu di atas api panas. Aduk2 dan biarkan sampai agak mengental (Jika tidak menginginkan saus banyak, jangan membuat saus putih terlalu banyak karena ini hanya untuk campuran kentang saja. Gunakan telur 1/2 butir saja dan susu low fat jika sedang program diet).
3. Siapkan wajan bersih. Masukkan minyak secukupnya, tumis bawang bombay yang sudah diiris tipis2 dan kecil2 sampai wangi.
4. Masukkan ayam yang sudah dipotongi kecil2. Aduk2 hingga matang.
5. Masukkkan kentang, saus putih, sedikit garam dan merica sampai rasanya pas. Aduk2 hingga rata.
5. Pindahkan ke atas piring lebar yang datar. Atur adonan sehingga dengan ketinggian kira2 1/2cm memenuhi piring membentuk kotak.
6. Tutupi dengan plastik wrap dengan plastik menempel adonan. Masukkan ke dalam kulkas dan biarkan sampai dingin kurang lebih 30menit supaya lebih mudah dibentuk.
7. Keluarkan dari kulkas. Bagi adonan dengan menggunakan pisau sehingga membentuk persegi panjang berukuran kurang lebih 7cmx3cm atau sesuai selera.
8. Olesi tangan dengan sedikit minyak supaya adonan tidak lengket di tangan. Gulung masing2 persegi panjang, tekan2 sedikit supaya udara keluar, bentuk menjadi bulatan lonjong.
9. Persiapan untuk menggoreng: olesi adonan yang sudah dibentuk lonjong2 tersebut dengan tepung roti, kemudian kocokan telur, kemudian tepung tempura. Urutan jangan dibalik-balik.
10. Siapkan minyak baru. Goreng sampai kuning kecoklatan.
11. Tiriskan, hidangkan dengan saus mayonaise atau saus tomat!

-Abbie-

3 comments:

titin isnia wd said...

kroketnya kok ga cantik ya! sedikit gosong

titin isnia wd said...

add aq donk kk...tq ya! email aq tiencie22@yahoo.com web aq www.dapur-wdtititans@blogspot.com

titin isnia wd said...

www.dapur-wdtitians.blogspot.com